News

    Saudia Airlines Kembali Buka Rute Penerbangan Langsung Kualanamu Medan-Jeddah-Madinah Mulai 31 Agustus 2024

    Medan, 31 Juli 2024 – Saudia Airlines dengan bangga mengumumkan pembukaan kembali rute penerbangan langsung dari Bandara Kualanamu, Medan menuju Jeddah dan Madinah mulai tanggal 31 Agustus 2024. Penerbangan Medan-Jeddah dan Medan-Madinah akan dilaksanakan dua kali seminggu untuk masing-masing rute, sehingga total jumlah penerbangan Saudia Airlines dari Bandara Kualanamu adalah empat kali penerbangan menuju Arab Saudi setiap minggunya.

    Dalam rangka melancarkan rute penerbangan ini, Saudia Airlines dan Bandara Kualanamu Medan mengadakan konferensi pers di Deli Serdang pada tanggal 31 Juli 2024.

    "Pertemuan hari ini dengan pejabat Bandara Kualanamu bertujuan untuk mengatur operasi, termasuk kesiapan platform layanan, guna memberikan solusi terbaik yang berkontribusi pada kelancaran arus lalu lintas di bandara dan mempercepat prosedur," ujar Faisal Alallah, Saudia Manager Indonesia, Singapura, Australia & New Zealand.

    Pada kesempatan tersebut, Faisal Alallah juga menyampaikan, "Penerbangan ini merupakan bagian dari langkah ekspansi untuk menghubungkan dunia dengan Kerajaan Arab Saudi, serta melayani berbagai segmen tamu."

    Beliau menambahkan bahwa rute penerbangan Kualanamu-Jeddah-Madinah ini ditujukan untuk memperluas operasi penerbangan serta meningkatkan transportasi dan layanan bagi para peziarah, pengunjung Masjid Nabawi, dan situs-situs bersejarah Islam.

    Dengan perluasan rute ini, Saudia Airlines bertujuan untuk meningkatkan pangsa pasar di sektor haji dan umrah, khususnya di Indonesia. Target selanjutnya adalah berkontribusi dalam pencapaian Saudi Vision 2030 dengan harapan dapat memfasilitasi penyelenggaraan 30 juta peziarah pada tahun 2030.

    Director of Commercial and Business Development PT Angkasa Pura Aviasi (AVI) Kualanamu, Kedar Despande, dan Pelaksana Harian (Plh) Direktur Operasi PT AVI, Haris, menyambut baik dibukanya rute baru Saudia Airlines di Bandara Kualanamu.

    “Tentunya jalur ini sangat memudahkan penumpang, khususnya jemaah umrah yang akan melanjutkan penerbangannya dengan maskapai yang sama saat tiba di Bandara Kualanamu. Apalagi rute ini bertujuan untuk memberikan kepuasan kepada penumpang dengan memudahkan perjalanan mereka dengan proses yang lebih cepat dan ringkas,” ujar Kedar Deshpande.

    Konferensi pers ini turut dihadiri oleh Ka Otban Wilayah II Medan, Sokhib Al Rokhman, Sales Executive Saudia Airlines Indonesia, Abdulrahman S. Lahmadi, President Director PT Ayuberga-GSA for Saudia Airlines, Andri Bermawi, VP Sales and Marketing Saudia Airlines Indonesia, Herry Setiawan, Branch Manager Saudia Airlines Medan, Sabrina Pasaribu, Head of Corporate Secretary & Legal PT AVI, Dedi Al Subur, serta beberapa wartawan dan tamu undangan lainnya