News

    Saudia Dinobatkan sebagai 'Maskapai Paling Berkembang di Dunia' pada Penghargaan Skytrax World Airline 2024

    Saudia, maskapai nasional Arab Saudi, telah dinobatkan sebagai 'Maskapai Paling Berkembang di Dunia' dan meraih peringkat pertama untuk Katering Kelas Ekonomi Terbaik pada Penghargaan Skytrax World Airline 2024.

    Acara ini diselenggarakan oleh Skytrax, organisasi penilaian transportasi udara internasional yang dikenal dengan evaluasinya terhadap industri maskapai global. Penghargaan Maskapai Terbaik Dunia didasarkan pada survei kepuasan pelanggan global yang komprehensif yang dilakukan selama beberapa bulan, mencakup lebih dari 375 maskapai di seluruh dunia.

    Dalam beberapa tahun terakhir, Saudia telah menunjukkan kemajuan yang luar biasa dalam peringkatnya, memenangkan gelar 'Maskapai Paling Berkembang di Dunia' untuk ketiga kalinya. Peningkatan luar biasa Saudia telah terlihat dalam tujuh tahun terakhir, melonjak dari peringkat ke-82 pada 2017 menjadi peringkat ke-23 pada 2023, dan mencapai peringkat ke-20 pada 2024.

    Program transformasi ‘SHINE’ milik Saudia telah memainkan peran penting dalam mencapai prestasi ini. Inisiatif ini berfokus pada peningkatan pengalaman tamu, optimalisasi efisiensi operasional, dan peningkatan layanan serta produk yang ditawarkan, diikuti dengan peluncuran era baru transformasi digital dan teknologi canggih. Usaha-usaha ini telah mendorong Saudia untuk masuk dalam peringkat 10 besar maskapai terbaik di dunia dalam hal Kinerja Tepat Waktu (OTP) sepanjang tahun 2023, mempertahankan posisi ini selama enam bulan berturut-turut. Pada Mei 2024, Saudia berada di peringkat lima besar untuk Kinerja Tepat Waktu Kedatangan (OTP-A) dan pertama di dunia untuk Kinerja Tepat Waktu Keberangkatan (OTP-D).

    Engr. Ibrahim Al-Omar, Direktur Jenderal Saudia Group, mengatakan: "Penghargaan ini menegaskan dedikasi Saudia terhadap keunggulan dan komitmen kami untuk mencapai tujuan Strategi Nasional untuk Layanan Transportasi dan Logistik. Dengan mematuhi standar kualitas tertinggi dalam industri penerbangan, kami terus memprioritaskan inovasi layanan, meningkatkan pengalaman tamu, dan mengoptimalkan efisiensi operasional."

    "Dedikasi yang tak tergoyahkan terhadap keunggulan ini telah menempatkan Saudia sebagai penghubung global terkemuka, menjembatani dunia dengan Kerajaan untuk melayani berbagai sektor termasuk bisnis, pariwisata, hiburan, olahraga, Haji, dan Umrah."

    Edward Plaisted, CEO Skytrax, mengatakan: "Kami mengucapkan selamat kepada Saudia atas pencapaian luar biasa ini dan kesuksesan yang mengagumkan. Diakui atas perubahan dan peningkatan kualitas adalah bukti kerja keras oleh manajemen dan staf di Saudia dan pengakuan ini harus menjadi sumber kebanggaan."

    Saudia telah menetapkan arah yang jelas untuk masa depan dan strateginya, menempatkannya untuk mencapai peringkat teratas dalam peringkat Skytrax di tahun-tahun mendatang. Hal ini dibuktikan dengan penandatanganan dua kesepakatan penting dengan Boeing dan Airbus untuk memperoleh 154 pesawat baru. Selain itu, Saudia sedang menjalani perombakan besar-besaran pada kabin tamunya, termasuk kursi kelas tamu dan bisnis, serta memperkenalkan internet berkecepatan tinggi di dalam pesawat dan meningkatkan layar hiburan di dalam pesawat ke resolusi tertinggi di industri.